Jl. Remaja No.9 PancoranMas, Depok
081281801634
team@jasacampaign.com

keunikan pernikahan hindu Bali

Kami menyediakan jasa catering pernikahan murah dan profesional

Pernikahan hindu
75 Views

keunikan pernikahan hindu Bali

Agama Hindu merupakan agama mayoritas di Bali. Hindu telah menjadi satu dengan berbagai budaya Bali dan memiliki banyak keunikan yang menarik. Bagi yang tinggal di luar Bali pasti masih merasa terkagum-kagum saat melihat beberapa upacara adatnya. Bali sendiri juga masih sangat kental dengan tradisinya yang terus dilestarikan, salah satunya tradisi pernikahan.

Pernikahan hindu di Bali memiliki keunikannya sendiri yang membuatnya berbeda dengan pernikahan budaya lain. Bahkan banyak orang yang rela datang ke Bali untuk menyaksikan pernikahan tersebut. Inilah beberapa keunikan dari pernikahan hindu di Bali yang bisa Anda lihat:

  1. Pesta pernikahan dilakukan oleh keluarga laki-laki

Pernikahan hindu

Jika pada beberapa daerah lain atau agama lain, pesta pernikahan digelar oleh pihak perempuan. Namun, pada pernikahan hindu di Bali pesta pernikahan justru dilaksanakan di rumah pihak keluarga laki-laki. Sebelumnya, calon pengantin perempuan akan dimandikan dan luluran dengan kunyit yang sudah dihaluskan. Jika sudah bersih, sang calon pengantin akan menunggu di dalam kamarnya.

Ia tidak boleh keluar sampai calon suaminya datang menjemput. Uniknya, prosesnya penjemputannya juga menggunakan tata cara tersendiri. Pada pernikahan hindu di Bali, calon suami beserta keluarganya akan datang ke rumah mempelai perempuan. Salah satu utusan atau anggota keluarga akan mengetuk pintu rumah mempelai perempuan sebanyak tiga kali. Setelah itu akan disambut dengan syair lagu dari dalam rumah. Keluarga laki-laki lalu harus membalas syair lagu tersebut, sehingga kedua belah pihak akan bergantian menyanyi.

Setelah mendapatkan ijin untuk masuk, barulah keluarga laki-laki bisa masuk dan menjemput calon pengantin perempuan. Nantinya sang calon pengantin perempuan akan dijemput dan dikenakan kain berwarna kuning untuk kemdian diajak ke rumah keluarga laki-laki. Tradisi unik ini adalah bagian yang sangat menarik dan masih tetap dilaksanakan hingga saat ini.

  1. Penentuan hari pernikahan sangat penting

Pernikahan hindu

Pada pernikahan hindu penentuan tanggal sangat penting. Tanggal pernikahan tidak bisa diputuskan begitu saja dengan mudah. Perlu pertimbangan yang sangat matang untuk mendapatkan tanggal pernikahan yang tepat. Pernikahan merupakan acara besar sehingga membutuhkan tanggal baik untuk melaksanakannya. Tanggal baik ini dianggap bisa mempengaruhi keluarga mempelai setelah menikah nantinya.

Bahkan banyak yang percaya bahwa pemilihan tanggal yang salah bisa menyebabkan malapetaka bagi pasangan suami istri hingga menyebabkan hancurnya rumah tangga. Maka dari itu, salah satu keunikannya adalah penentuan tanggal pernikahan harus dilakukan dengan sangat benar agar tidak terjadi hal-hal buruk di kemudian hari.

  1. Prosesi berpamitan dengan keluarga dan leluhur

Pernikahan hindu

Setelah menikah, pengantin perempuan akan ikut ke rumah keluarga suaminya. Maka disinilah letak keunikan dari pernikahan hindu. Sang pengantin perempuan tidak bisa pergi begitu saja dari rumahnya dan meninggalkan keluarganya setelah menikah.

Ia harus berpamitan terlebih dahulu kepada seluruh anggota keluarga bahkan hingga ke leluhur. Upacara pamitan ini disebut dengan Mejauman. Pengantin wanita akan pulang ke rumahnya bersama keluarga suaminya dengan membawa berbagai jenis makanan dan sesaji. Pengantin wanita tersebut akan berpamitan kepada seluruh sanak saudara terutama orang tuanya serta kepada leluhur keluarganya.

Setelah itu, barulah sang pengantin wanita bisa hidup berdua dengan suaminya. Itulah beberapa tradisi unik pada pernikahan Hindu di Bali. Tradisi semacam itu harus tetap dilestarikan karena merupakan warisan budaya. Selain itu, keunikan-keunikan tersebut juga menambah rasa sakral dan sucinya sebuah pernikahan. Maka dari itu, sebaiknya budaya tersebut tetap dipertahankan hingga ke generasi yang akan datang.

× WhatsApp Kami