Jl. Remaja No.9 PancoranMas, Depok
081281801634
team@jasacampaign.com

Makanan Pernikahan Adat Jawa

Kami menyediakan jasa catering pernikahan murah dan profesional

bubur sumsum
25 Views

4 menu makanan pernikahan Adat Jawa ini, memiliki makna mendalam

Setelah bersalaman dengan sang mempelai, lalu memberikan doa restu dan foto-foto, biasanya Apa yang dilakukan oleh para tamu pernikahan? Makan, Ya betul sekali. Mendatangi stand makanan sudah menjadi keharusan bagi para tamu undangan pernikahan karena di stand makanan ada beragam jenis makanan yang biasa dihidangkan oleh pasangan mempelai dan keluarga.

Salah satu jenis menu yang biasa dihidangkan ada makanan pernikahan Adat Jawa yang tidak pernah sepi peminatnya apalagi jika pernikahan yang diusung mempelai merupakan pernikahan Adat Jawa dengan bantuan catering pernikahan menu makanan Anda jadi istimewa. Adat Jawa sebagai sebuah budaya sudah mendarah daging bagi masyarakat khususnya masyarakat keturunan suku Jawa. Adat Jawa diaplikasikan dari berbagai bidang dalam pernikahan bisa dari pakaian,

hiasan dekorasi, susunan acara atau konsep acara sampai degan makanan pernikahannya. Jika Anda berencana menggunakan konsep pernikahan atau konsep catering makanan Adat Jawa bisa menghubungi jasa catering pernikahan untuk mendapatkan penawaran terbaik catering hemat sesuai selera. Makanan Adat Jawa yang biasa calon mempelai pilih untuk dihidangkan di acara pernikahannya nanti antara lain:

Pertama ada Sop Manten pencampuran aneka jenis sayuran. Sop ayam merupakan hidangan pembuka yang dinikmati para tamu sebelum menyantap makanan berat makanan pernikahan Adat Jawa. Sup manten sendiri unik karena terdiri dari beraneka macam sayur seperti kembang kol, wortel, kentang, buncis, jamur, makaroni dan daging ayam, semua bahan dimasak dengan menggunakan kaldu ayam sebagai kuahnya. Selain rasanya yang enak Sop manten memiliki filosofi yang mendalam bagi sepasang mempelai yaitu Sop manten mengambarkan dua orang yang berasal dari keluarga dan latar belakang kehidupan yang berbeda disatukan oleh kaldu ayam menjadi satu hidangan yang lezat berbentuk Sop maten.

Kedua, Bubur Sumsum simbol berkah. Anda pasti tahu apa itu bubur sumsum, bubur sumsum terbuat dari tepung beras ketan dicampur dengan tepung beras putih yang dihidangkan bersama dengan air gula merah atau lelehan gula putih yang disiram di atasnya. Selain enak, menghidangkan bubur sumsum dalam catering pernikahan Anda memiliki makanan yang mendalam yaitu warna dari bubur sumsum putih bersih yang memiliki arti kesucian dari kedua mempelai dan kesejahteraan untuk kehidupan rumah tangga yang akan dijalani.

Makanan pernikahan Adat Jawa ini adalah makanan asli Jawa yang juga dipercaya bisa mendatangkan kesehatan, kekuatan dan berkah. Segala kebaikan dari bubur sumsum ini tidak hanya untuk kedua mempelai tetapi juga berlaku untuk kedua keluarga yang menyelenggarakan pernikahan. Pastikan Anda memasukkan daftar bubur sumsum dalam catering pernikahan Anda nanti.

jadah dan wajik

Ketiga, Aneka makanan ringan yang bermakna. Pernikahan Adat Jawa pasti tidak pernah lepas dari makanan Jadah dan wajik. Jadah adalah makanan yang terbuat dari beras ketan dicampur dengan parutan kelapa, jadah berwarna putih dengan rasa sedikit gurih berasal dari parutan kelapa dan garam yang diberikan. Sedangkan untuk wajik berwarna cokelat dengan rasa manis dari gula jawa. Wajik dan Jadah merupakan hidangan pembuka yang biasanya dinikmati bersama dengan teh manis hangat.

Bahan dasar pembuatan kedua makanan ini adalah beras ketan yang semua dimasak masih keras lalu diolah dengan cara ditumbuk dijadikan satu kesatuan sehingga teksturnya menjadi lengket dan saling mengikat antara satu dan yang lain. Hal ini memiliki makna doa supaya pasangan suami dan istri yang baru menikah bisa bersatu layaknya wajik dan jadah dan tidak akan terpisah.

Selain wajik dan Jadah ada juga lemper yang terbuat juga dari beras ketan bedanya jika wajik dan jadah harus ditumbuk supaya menjadi satu kesatuan lain halnya dengan lemper. Lemper berisikan ayam suwir atau serundeng yang dibungkus dengan daun pisang. Nama lemper merupakan kependekan dari “Yen dilem atimu ojo memper” yang berarti jika dipuji hatimu jangan sombong.

Makna ini mengingatkan pengganti untuk selalu rendah hati tidak sombong bila menerima pujian, salah satunya bila catering pernikahan Anda dipuji anda tidak perlu sombong cukup merekomendasikan kepada sanak, saudara, kerabat dan tamu undangan lainnya.

es puter

Ke empat, ingin yang dingin minum es puter. Selain rasanya yang enak fakta sejarah tentang es puter juga menarik, karena pada zaman dahulu es krim hanya bisa dinikmati oleh orang-orang kaya, sebab pada zaman dahulu susu sebagai bahan pembuat es krim harganya sangat mahal. Untuk bisa menikmati Es krim orang-orang zaman dahulu mengganti susu dengan santan dari sari air kelapa, sehingga rasa es krim yang dihasilkan menjadi lebih segar dan gurih.

Penamaan Es puter sendiri didapatkan dari proses pembuatannya yang adonan es harus diputar-putar dalam sebuah alat pembuat es hingga menjadi kristal-kristal. Rasa yang enak sudah jelas tetapi selain dari segi harga alasan lain Anda harus menyertakan Es puter dalam daftar Catering pernikahan adalah makna yang terkandung di dalamnya yaitu es puter memuat doa supaya pengantin bisa menjadi keluarga yang mampu keluar dari segala konflik dan permasalahan yang menimpa mereka kelak.

Itu tadi empat menu makanan pernikahan Adat Jawa yang memiliki makna mendalam. Ke empat menu di atas bisa anda pilih di catering pernikahan Jakarta, atau catering pernikahan Depok atau bisa kunjungi website https://cateringpernikahan.id/ dapatkan penawaran catering makanan pernikahan Adat Jawa diwebsite kami.

Summary
Makanan Adat Jawa Bubur Sumsum
Post:
Makanan Adat Jawa Bubur Sumsum
Penulis

× WhatsApp Kami