Jl. Remaja No.9 PancoranMas, Depok
081281801634
team@jasacampaign.com

OH NO! Masalah-masalah Pernikahan di Bawah Umur Ini Mengancam Anda

Kami menyediakan jasa catering pernikahan murah dan profesional

pernikahan dibawah umur
54 Views

OH NO! Masalah-masalah Pernikahan di Bawah Umur Ini Mengancam Anda

Pernikahan dibawah umur kini mulai banyak terjadi. Banyak pasangan memilih memiliki rumah serta keluarga sendiri lebih awal di bandingkan usia pernikahan yang umum. Banyak pasangan menikah awal percaya bahwa mereka dapat menangani banyak tanggung jawab dan masalah hidup bersama sambil memulai jalur karier mereka sendiri. Pernikahan dibawah umur dapat memperkuat hubungan dan membiarkan pasangan tumbuh bersama.

Namun pernikahan di bawah umur mengalami pasang surut. Ada masa manis ada juga masa pahit. Bahkan masalah-masalah yang membuat masa pahit akan lebih berpeluang banyak daripada mereka yang menikah ketika umurnya matang. Dan ini dia masalah-masalah pernikahan dini yang mengancam Anda. 

pernikahan dibawah umur

Masa Muda Yang Terperangkap

Remaja dan lulusan perguruan tinggi yang melakukan pernikahan dini kehilangan kesempatan untuk mengeksplorasi kehidupan sendiri. Padahal  eksplorasi diri sangatlah penting dalam membentuk karakter dan kepercayaan seseorang. Menikah pada usia dini memberikan lebih banyak tanggung jawab kepada kedua pasangan di usia dini dan dapat mengambil waktu untuk bersantai dan mengeksplorasi masa mudanya.

pernikahan dibawah umur

Hilang kesempatan untuk pendidikan lebih lanjut

Pernikahan di bawah umur menghabiskan waktu dan ini dapat mengambil kesempatan mereka untuk melanjutkan pendidikan lebih lanjut, apakah itu perguruan tinggi atau sekolah pascasarjana. Bahkan jika mereka sudah menikah ketika SMP berarti mereka tidak bisa merasakan pendidikan SMA.  Waktu yang diperlukan banyak untuk melakukan tanggung jawab menikah. berarti lebih sedikit waktu untuk belajar dan pasangan muda dapat kehilangan banyak peluang, baik sosial dan pendidikan, karena hal ini.

pernikahan dibawah umur

Tidak bertanggung jawab

Karena menikah di umur yang belum matang, tentunya pikiran juga belum matang. Akan muncul  irasionalitas dan tidak bertanggung jawab. Tidak bertanggung jawab satu sama lain dengan pasangan, dengan karier, dan dengan teman dapat membawa ketegangan pada suatu hubungan.

pernikahan dibawah umur

Kurangnya pengalaman

Terutama ketika berurusan dengan membesarkan anak-anak, kurangnya pengalaman dapat menyebabkan rasa takut dan bahkan menghasilkan niat buruk terhadap satu sama lain. Harus tetap membangun kehidupan mereka sambil membesarkan keluarga dapat mengekspos lubang dalam pernikahan dini.

pernikahan dibawah umur

Kesulitan keuangan

Pernikahan dibawah umur berarti Anda dapat tinggal bersama orang tua Anda, tetapi sebagian besar pasangan muda ingin dapat mengatur rumah dan keluarga mereka sendiri. Dikombinasikan dengan kurangnya pendidikan tinggi secara umum, pernikahan dini dapat mengakibatkan kesulitan keuangan sementara pasangan harus menyulap kerja, pernikahan, dan pendidikan.

pernikahan dibawah umur

Kurangnya kedewasaan

Perbedaan kecil dan argumen kecil dapat berubah menjadi pemecah kesepakatan pernikahan karena pasangan masih bisa menjadi dewasa dan mengembangkan diri. Sekolah menengah dan perguruan tinggi adalah dua bagian yang sangat penting dalam kehidupan seseorang dan banyak masalah sosial yang dihadapi orang-orang dalam situasi itu dapat dikawinkan.

pernikahan dibawah umur

Stres emosional dan psikologis

Kurang pengalaman dapat menciptakan ketidakharmonisan antara pasangan muda dan harus menangani semuanya sendiri adalah sulit dan menuntut baik secara individu maupun sebagai pasangan. Kelelahan emosional adalah masalah umum karena efek bulan madu dari hubungan dapat hilang.

Pernikahan dibawah umur bisa menjadi sukses. Tetapi banyak juga masalah yang mengintai Anda. Tetapi dengan sikap yang tepat, pikiran terbuka terhadap bimbingan, dan kemampuan untuk tumbuh bersama, pernikahan dibawah umur dapat mengarah pada stabilitas keuangan yang baik dan fondasi yang kuat.

Hubungan membutuhkan dua orang untuk terus bekerja di dalamnya. Pertengkaran, keragu-raguan, dan rasa takut adalah hal biasa dalam kebanyakan hubungan. Pastikan Anda menggunakan kesulitan itu untuk tumbuh lebih kuat bersama dan tidak berantakan. Hubungan apa pun bisa diperbaiki. Rasa ingin tahu dan ketertarikan yang berkelanjutan adalah bagian penting dari menjaga hubungan yang sehat.

× WhatsApp Kami