Jl. Remaja No.9 PancoranMas, Depok
081281801634
team@jasacampaign.com

Tips Memilih Baju Pernikahan Adat Jawa Hijab

Kami menyediakan jasa catering pernikahan murah dan profesional

kebaya tertutup
689 Views

Apakah Anda ingin menggelar pernikahan dengan adat Jawa tapi Anda berhijab? Sering kali seorang pengantin wanita mengalami masalah dimana ia ingin menggunakan pakaian adat, tetapi juga mempertahankan hijab disaat yang sama. Sekarang sudah tersedia baju pernikahan adat Jawa khusus bagi Anda yang berhijab. Namun, tetap harus teliti memilih agar tetap syari. Anda bisa menggunakan baju pernikahan adat jawa hijab dengan memperhatikan beberapa hal. Berikut adalah tips memilih baju pengantin adat Jawa bagi yang berhijab:

Menggunakan kebaya yang tertutup

kebaya tertutup

Baju kebaya memang kental dengan ciri khasnya yang terbuka. Pakaian adat jawa biasanya mengggunakan kemben yang ditutup dengan kebaya yang terawang. Jika Anda seorang wanita berjilbab tentu akan kesulitan menghadapi ini. Namun, ada cara untuk menanggulanginya. Sekarang pernikahan adat jawa hijab sudah banyak dilakukan. Apalagi Indonesia khususnya Jawa adalah daerah dengan mayoritas muslim. Anda bisa menggunakan kebaya khusus untuk hijab.

Kebaya ini tidak seperti kebaya lain yang bagian dalamnya menggunakan kemben. Kebaya untuk hijab biasanya menggunakan manset pada bagian dalamnya. Jadi meski pakaian luarnya tembus pandang, tetap tidak akan terlihat aurat. Anda bisa menutup seluruh tubuh dengan pakaian ini. Kebaya untuk jilbab sekarang sudah banyak tersedia. Bhkan ada juga kebaya khusus yang sudah dipersiapkan untuk jilbab. Jadi Anda tak perlu khawatir selama proses pernikahan.

Jika Anda menggunakan jasa sewa baju pengantin, Anda tinggal utarakan jika ingin berjilbab maka akan langsung disediakan satu set. Baju kebaya ini juga lebih longgar dibanding kebaya biasa. Pada umumnya, baju pengantin kebaya memiliki model yang sangat ketat sehingga memperlihatkan lekuk tubuh pengantin. Namun, pada pernikahan adat jawa hijab modelnya dibuat sedikit lebih longgar agar lebih nyaman dan tidak memperlihatkan lekuk tubuh.

Memilih jilbab yang sesuai dan tidak panas

Memilih jilbab yang akan digunakan pada saat upacara pernikahan juga sangat penting. Meski, biasanya baju kebaya sudah menjadi satu paket, tapi Anda tetap harus memeriksa jilbab yang digunakan. Pada pernikahan adat jawa hijab, sebaiknya pilih jilbab yang memiliki kain lembut serta tidak panas. Bahkan yang menyerap keringat juga lebih baik. Anda akan menggunakan jilbab tersebut untuk menemui banyak tamu, jadi besar kemungkinan ruangan akan terasa lebih panas meski menggunakan AC.

Jadi untuk amannya gunakan jilbab dari kain yang tidak panas serta nyaman dan tidak mudah kusut. Biasanya jasa baju pengantin sudah menyediakan berbagai bahan, Anda tinggal pilih mana yang benar-benar nyaman. ketahui juga arti pernikahan dalam Islam disini.

Memilih jarik yang longgar

jarik longgar

Salah satu masalah ketika ingin mengadakan pernikahan adat jawa hijab adalah jarik untuk pengantin terlalu ketat. Jarik pengantin perempuan dalam adat Jawa memang biasanya dibuat ketat dan memperlihatkan lekuk tubuh bagian bawah. Bagi Anda yang berjilbab tentu tidak bisa menggunakan jarik tersebut. Tapi tak perlu khawatir karena Anda tetap bisa menggunakan jarik tapi dengan model yang lebih longgar.

Jarik seperti ini biasanya sedikit terlihat seperti rok panjang, tapi masih dengan motif batik yang khas. Maka dengan cara ini, Anda bisa tetap menggunakan kebaya satu set tanpa meninggalkan kewajiban Anda sebagai muslimah. Anda bisa menggunakan kebaya jilbab untuk pernikahan dengan adat Jawa. Anda bisa memesan satu set langsung, atau bisa jugamemilih-milih sendiri ke tempat penyedia baju pengantin. Biasanya jasa baju pengantin akan membantu Anda dalam memilih kebaya jilbab yang tepat.

Bagi Anda yang memiliki kebutuhan akan Catering Pernikahan, kami Tropicola Catering dapat memberikan penawaran terbaik untuk Anda. Hubungi kami!

× WhatsApp Kami