Jl. Remaja No.9 PancoranMas, Depok
081281801634
team@jasacampaign.com

Tips Menu Makanan Pernikahan Khas Jawa Tengah

Kami menyediakan jasa catering pernikahan murah dan profesional

makanan pernikahan khas jawa tengah
96 Views

Anda ingin menggelar pernikahan khas Jawa Tengah tapi bingung memilih menu? Menu untuk acara pernikahan memang harus dipertimbangkan secara matang. Apalagi menu tersebut harus sesuai dengan selera tamu yang datang nantinya.

Jika Anda ingin menentukan menu makanan pernikahan khas Jawa Tengah dengan konsep prasmanan menggunakan jasa catering pernikahan  https://cateringpernikahan.id/, sebaiknya ikuti dulu tips di bawa ini:

makanan pernikahan khas jawa tengah

– Pilih menu yang variasi dan bisa diambil sendiri

Jika Anda ingin menyediakan makanan pernikahan dengan tema prasmanan, sebaiknya perhatikan variasi makanannya. Variasi makanan terutama pada makanan pernikahan khas jawa tengah sangat mempengaruhi dengan tema penyajiannya.

Ada beberapa jenis makanan yang tidak bisa diambil sendiri oleh tamu, contohnya adalah bakso. Jika Anda ingin menyajikan bakso secara prasmanan maka mintalah pihak catering untuk menjaga di stand tersebut agar bisa membantu tamu dalam mengambil makanan.

Jika untuk stand makanan yang diambil mandiri oleh tamu, sebaiknya siapkan menu makanan yang lebih praktis. Menu makanan yang praktis dan mudah diambil akan membuat tamu lebih nyaman dalam mengambil makanannya. Namun, jangan sampai semua stand makanan dijaga karena akan membuat tamu tidak leluasa dalam memilih makanan. Anda bisa meminta jasa catering pernikahan  https://cateringpernikahan.id/ untuk menajaga stand makanan.

– Jangan lupa sediakan snack dan makanan penutup

makanan pernikahan khas jawa tengah

Menu makanan untuk pesta pernikahan tidak melulu makanan berat saja. Siapkan berbagai jenis makanan ringan untuk tamu yang datang. Jika untuk pesta pernikahan khas Jawa Tengah, ada baiknya menyiapkan jajanan pasar yang sering digunakan untuk pernikahan seperti jadah wajik, lemper, bubur sumsum, dan es krim.

Makanan tradisional tersebut akan mendukung konsep pernikahan Anda menjadi lebih kental dengan budaya Jawa. Selain itu, jajanan pasar tradisional juga lebih mudah untuk dinikmati sendiri. Tamu undangan bisa memilih mana yang mereka inginkan dan beraoa banyak yang mereka ingin makan.

Selain makanan ringan, makanan penutup seperti buah-buahan juga penting adanya. Sediakan stand khusus untuk buah atau makanan penutup lainnya. Makanan penutup juga bisa berupa es krim yang pasti akan disukai oleh banyak orang. Jasa catering pernikahan  https://cateringpernikahan.id/ pasti menyediakan berbagai pilihan makanan penutup.

– Berikan variasi minuman

Selain makanan, pada konsep prasmanan perlu diperhatikan juga variasi minumannya. Jika pada penyajian non prasmanan biasanya minuman yang disajikan standar hanya satu atau dua jenis saja. Sedangkan pada konsep prasmanan, tamu yang datang bisa memilih minuman yang ingin diminumnya.

Maka dari itu sediakan berbagai jenis minuman, seperti soda, sirup teh dan air putih. Tamu undangan bisa mengambil minuman mana yang sesuai dengan selera mereka. Anda bisa memesan berbagai jenis minuman ke catering pernikahan  https://cateringpernikahan.id/.

– Perhatikan ketahanan makanan, jangan yang mudah rusak

Anda juga harus memperhatikan jenis makanan yang bisa mudah rusak atau basi untuk makanan pernikahan khas jawa tengah. Beberapa jenis makanan akan mudah basi ketika terlalu sering diaduk, misalnya gudangan. Gudangan adalah salah satu jenis makanan khas Jawa Tengah yang biasanya ada dalam pesta pernikahan.

Tapi makanan ini sangat mudah basi jika terlalu sering teraduk. Padahal pada pesta pernikahan prasmanan tamu pasti akan mengambilnya secara bergantian. Ada resiko makanan akan cepat basi jika disajikan. Sebaiknya ganti dengan makanan lain yang lebih aman atau siasati dengan memasaknya saat acara hampir mulai sehingga masih segar. Mintalah ke catering pernikahan  https://cateringpernikahan.id/ untuk menyediakan bahan yang segar.

Sedangkan untuk konsep pernikahan khas Jawa Tengah yang non prasmanan biasanya disajikan dengan sebutan piring terbang. Jadi pada satu piring sudah berisi lengkap nasi lauk pauk dan kerupuk. Tamu undangan tidak bisa memilih apa yang ingin mereka makan.

Maka dari itu, perlu diperhatikan juga beberapa hal untuk menjaga tamu tetap menikmati hidangan dengan nyaman. Pertama pilih menu yang saling melengkapi, misalnya ada sambal goreng ati, telur bacem manis, ayam goreng, bihun dan kurupuk. Lauk tersebut cukup lengkap ada daging, mi dan telur. Kedua tidak perlu terlalu banyak variasi, asal lauknya bisa saling melengkapi.

Sebaiknya hindari makanan yang mengandung banyak kuah. Makanan berkuah cukup repot untuk dibagikan dan dimakan. Bisa-bisa malah tumpah dan mengganggu acara karena pada konsep acara pernikahan non prasmanan biasanya tidak ada banyak ruang untuk bergerak. Umumnya pada makanan pernikahan khas jawa tengah disajikan makanan yang sederhana dan tidak repot dimakan.

Selain itu, diberikan juga snack sebagai makanan pembuka dan es krim untuk makanan penutup. Minuman yang disajikan biasanya teh hangat dan air putih tergantung pesan Anda ke catering pernikahan  https://cateringpernikahan.id/.

Kemudian tips yang terakhir adalah memberikan menu yang sekiranya umum disukai banyak orang. Tamu tidak bisa memilih makanannya sendiri, maka dari itu sebaiknya pilih menu yang kira-kira akan disukai oleh banyak orang. Menu untuk makanan pernikahan khas jawa tengah biasanya sederhana dan tidak terlalu berlebihan, contohnya telur pindang atau ayam goreng yang banyak disukai orang.

Jika Anda masih bingung memilih menu bisa gunakan jasa catering pernikahan melalui https://cateringpernikahan.id/. Pihak catering akan membantu Anda dalam menentukan menu yang tepat dan disukai oleh tamu. 

× WhatsApp Kami