Jl. Remaja No.9 PancoranMas, Depok
081281801634
team@jasacampaign.com

Wajib Tahu! Inilah Resiko Pernikahan Dini

Kami menyediakan jasa catering pernikahan murah dan profesional

Resiko Pernikahan Dini
93 Views

Resiko pernikahan dini – Sekarang, semakin banyak terjadi pernikahan dini dikalangan remaja. Pernikahan usia mudah ternyata tidak hanya karena hamil d luar nikah tetapi banyak juga yang menikah muda dengan alasan cinta. Sayangnya pernikahan di usia remaja memiliki resiko yang sangat besar bagi pasangan dan orang-orang di sekitarnya. Inilah resiko pernikahan dini yang bisa terjadi kepada pasangan nantinya:

  1. Biaya yang belum mencukupi

Sebuah penikhanan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Bahkan meskipun menikah hanya di KUA saja tetap membutuhkan biaya untuk ke depannya. Membangun rumah tangga membutuhkan perisiapan biaya karena nantinya harus menghidupi dua orang bukan lagi satu orang. Resiko besar yang sering dihadapi oleh pernikahan dini adalah belum siapnya biaya untuk berumah tangga ataupun menggelar pernikahan itu sendiri.

Sebagian besar pernikahan dini masih mengandalkan keluarga orang tua untuk kehidupan sehari-hari. Terutama bagi pasangan yang masih berusia sekolah dan belum memiliki penghasilan. Pada akhirnya berujung lagi masalah keuagan dalam keluarga. Jadi karena itulah pernikahan dini memiliki resiko besar terhadap masa depan keuangan.

  1. Resiko putus sekolah

Rata-rata pernikahan dini dilakukan oleh mereka yang masih duduk di bangku sekolah. Pada akhirnya kebanyakan pasangan harus berhenti sekolah untuk menikah. Alasan pernikahan dini pun juga berbeda-beda ada yang harus menikah karena hamil ada juga yang menikah dengan alasan cinta. Jika pasangan yang menikah dini karena hamil, maka pencegahan resiko ini harus dilakukan jauh-jauh sebelumnya.

Dibutuhkan pembelajaran seks yang benar agar tidak sampai terjadi hamil di luar nikah. Akan sangat rugi jika harus putus sekolah karena pernikahan dini. Peran orang tua juga sangat penting untuk memberikan edukasi terhadap anak untuk tidak melakukan tindakan yang bisa menyebabkan pernikahan dini. Orang tua sebaiknya selalu mengawasi pergaulan anaknya, terutama bagi anak yang masih di bawah umur.

Pergaulan bisa sangat mempengaruhi masa depan anak. Agar tidak terjadi pernikahan dini, sebaiknya orang tua juga ikut mengawasi anak dan memberikan pemahaman tentang pernikahan. Selain itu, sebaiknya berikan juga pendidikan yang lebih baik untuk anak. Jangan sampai terjadi putus sekolah karena pernikahan. Memberikan pendidikan yang layak untuk anak akan menjamin masa depan yang lebih baik. Bagaimanapun pendidikan sangat penting untuk kesuksesan di masa yang akan datang.

  1. Resiko Kematian

resiko kematian

Tahukah Anda jika pernikahan dini ternyata juga berbahaya untuk kesahatan, terutama kesehatan sang istri. Sebuah pernikahan dini yang dilakukan pada usia remaja bisa mengancam nyawa perempuan. Jika sang istri hamil nantinya, kondisi kesehatannya bisa berbahaya karena fisik yang masih belum kuat untuk memberi nutrisi kepada janin. Bahkan perempuan yang melahirkan di bawa umur memiliki resiko kematian yang sangat tinggi.

Selain resiko untuk sang istri, akan sangat beresiko juga untuk janin yang dikandung. Bisa terjadi keguguran atau malah kelainan pada janin. Bayi bisa lahir dalam keadaan yang kurang sehat jika dibandingkan dengan anak dari hasil pernikahan dewasa. Maka karena itulah, nyawa ibu dan anak dalam pernikahan dini bisa sangat terancam. Sebagian besar bayi yang dilahirkan oleh ibu yang masih berusia remaja memiliki komplikasi kesehatan baik secara fisik ataupun mental.

Jika Anda ingin memiliki bayi yang sehat sebaiknya hindari pernikahan dini. Itulah berbagai resiko dari pernikahan usia muda. Menikahlah pada usia matang dimana sudah siap baik secara material dan mental untuk masa depan yang lebih baik.

× WhatsApp Kami